What I think and what i see. Yes it these!

Sunday, May 3, 2015

CARA MENGHAPUS APLIKASI BAWAAN SISTEM

11:29 AM Posted by el , No comments


Emosional bt pada diri kita dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah smartphone kita sendiri. Loh kok bisa la??? smartphone kan benda mati, kenapa bisa bikin kita bt??? Bisa! Karena memori smartphone yang terbatas terkadang membuat kita undmood saat nongol warning memory almost full!

Kasian smartphone disalahin hehehe, sebenarnya gak sepenuhnya salah smartphone sih, salah kita juga karena terlalu banyak menginstall aplikasi dan terlalu banyak menyimpan file file di memori internal smartphone. Eh gak ada yang salah ding!!! Teruuussss????? Maksud tulisan ini apaaahhhhh???? Hahahaa sabaaaaarrr, baca lanjut lagi aja kalau mau tau maksudnyaaa XD

Smartphone yang kita pegang tiap hari merupakan salah satu alat teknologi yang sudah menjadi kebutuhan primer manusia saat ini. Saya bilang seperti itu karena saya sendiri merasakannya, saya setiap saat memegang smartphone mulai dari bangun tidur sampai mau tidur.

Smartphone bagaikan 2 mata pisau dapur. Banyak sekali kelebihan yang dihasilkan oleh smartphone jika kita pandai menggunakan smartphone. Namun jika tidak, malah kita akan 'dibunuh' secara perlahan oleh smartphone kita sendiri.  Layaknya manusia, smartphone juga memiliki kekurangan, yang salah satunya adalah masalah keterbatasan memori internal.

Keterbatasan memori interlah itulah yang memancing emosional bt kita saat muncul warning memory almost full! Nah ini maksud tulisan saya pada postingan ini hehehe. Jika warning tersebut muncul, gaperlu menyalahkan smartphone, apalagi menyalahkan orang lain. Coba langsung cari solusinya di google terus langsung kita coba praktekkan. Yop, benang merah saya kali ini adalah ingin mengasih solusi atas kekurangan memori internal pada smartphone kita hehe. *Mau ngasih tutorial aja intermezo nya panjang bener la* hahaha. Takapalah, lagi mood menulis soalnya hihi :D


Jadi solusi yang saya tawarakan untuk menghilangkan warning memori penuh ada 2, yakni:
1. Menghapus aplikasi aplikasi yang tidak tidak penting. Solusi yg ini bagi saya sendiri hukumnya wajib!!! Karena saya tidak terlalu suka menginstall aplikasi yang tidak bermanfaat. Bagi saya, kalau sudah ada aplikasi bawaan sistem yang bisa kita gunakan (ex: kamera, pemutar musik dll), tidak perlu lagi menginstall aplikasi semisal dari PlayStore. Solusi pertama so simple kan??? Coba sekarang di seleksi lagi aplikasi pada smartphone Anda. Uninstall aja aplikasi yang tidak bermanfaat.

2. Jika ingin mengupdate aplikasi, lebih baik di uninstall dahulu baru install lagi. Hal ini lumayan berpengaruh terhadap memori internal, karena saat proses update size aplikasi yang terinstall di smartphone akan di tambah dengan size updatean yang terbaru. Jadi konsepnya tuh menambah size yg udah ada, bukan mereplace size yg sudah ada. Misalkan aplikasi Whatsup yang terinstall berukuran 17MB, kemudian ada updatean dengan size 18MB. Saat kita update, maka size akan bertambah dari 17MB+18MB.

3. Menghapus aplikasi bawaan sistem. Nah kalau yang ini tidak seperti solusi yang pertama, karena memerlukan step step dalam menghapusnya. Stepnya saya tuliskan dibawah ini:
    -  Smartphone Anda harus di root terlebih dahulu. Untuk tutorial root yang sudah saya bikinkan,
       bisa dilihat pada link diakhir postingan ini
    -  Install aplikasi Link2SD dari Playstore. Aplikasi ini yang akan mengeksekusi *halah*
       penghapusan aplikasi2 bawaan sistem, karena syarat penggunaan aplikasi ini adalah
       smartphone harus di root, begitu. Untuk cara penggunaannya??? Keep reading this posting! hehe
       [1] Jalankan aplikasi Link2SD jika sudah menginstall.
       [2] Biasanya saat pertama menjalankan akan muncul SuperSU Request, pilih Grant.
       [3] Tekan pada logo 3 bulatan vertikal yang ada di pojok kanan atas, pilih Multi-select
       [4] Nah pada langkah ini tandai aplikasi-aplikasi yang ingin di hapus.
             tapi hati hati yah jgn asal menghapus!!!
       [5] Kemudian tekan pada logo 3 bulatan vertikal yang ada di pojok kanan atas, pilih Uninstall
       [6] Lalu di OK in aja.

Mudah bukan??? Semoga bermanfaat


Tutorial Root:
Cara Meroot Samsung Galaxy Mini
Cara Meroot Samsung Galaxy Duos
Cara Meroot Samsung Galaxy S3 Mini
Cara Meroot Samsung Grand 2

0 comments:

Post a Comment