What I think and what i see. Yes it these!

Thursday, April 30, 2015

CARA ROOT SAMSUNG GALAXY DUOS GT-I9082

8:36 PM Posted by el , No comments
Postingan ini masih lanjutan dari postingan Flashing Ulang SamsungGalaxy GT-I9082, karena masih lanjutan maka smartphone yang menjadi model dalam tutorial ini juga punya teman, yang saya jadikan tikus percobaan XD

Masuk ke pembahasan, yakni rooting. Apa itu rooting? Akar? Loh ko akar ada di smartphone? Maksudnya apah??? Haha biasa aja bingungnya engga usah ampe jungkir balik gini .-.

Singkat kata, rooting itu merupakan sebuah tindakan untuk ‘mengambil alih’ sistem smartphone. Arti mengambil alih disini bebas, jadi smartphone yang sudah diroot bebas untuk dioprek-oprek, contohnya mengcustome rom bawaan smartphone yg standar menjadi lebih menarik, menginstall aplikasi yg dapat mengcustome bawaan sistem, dll. Kurang lebih seperti itulah pengertian root menurut saya.

Cara rooting ini in sya Alloh terjamin, karna sudah saya praktekkan di hp teman saya dan it works! Sebelum ngeroot, siapin dulu senjata untuk merootnya, saya list in dibawah ini ya. Check this out!
1. hp Samsung Galaxy GT-I9082 dengan baterai minimal 60%
2. kabel data SNI
3. driver Samsung (download disini)
3. Odinv3.07 (download disini)
4. CWM untuk versi Galaxy Duos (download disini)
5. File rootnya, UPDATE-SuperSU-v1.25 (download disini)

Persiapan yg harus dilakukan:
1. ekstrak semua file .rarnya (kecuali file UPDATE-SuperSU-v1.25)
2. letakkan file UPDATE-SuperSU-v1.25.rar kedalam sdcard, kalau bisa taruh di luar jangan didalam folder, agar mudah untuk diaksesnya.
3. Install driver samsung terlebih dahulu agar komputer dapat membaca smartphone Anda
4. Centang USB Debugging pada smartphone pada Setting - Developer Options - USB Debugging

DO WITH YOUR OWN RISK YA! BACA BISMILLAH DULU BIAR SUKSES!

Langkah-langkah install cwm:
1. Matikan smartphone sampai benar benar mati (layar hitam, tidak abu-abu)
3. jalankan Odinv3_07 dengan klik kanan – Run as Administrator
4. Nyalakan smartphone dengan menekan tombol Volume Down + Power + Home secara bersamaan sampai muncul gambar dibawah ini


 5. Tekan Volume Up untuk melanjutkan prosesnya


6. Hubungkan smartphone ke komputer dengan kabel data. Pada kolom Message, akan muncul tulisan Added!dan ID:COM nampak seperti gambar saat smartphone dihubungkan ke komputer.
*Jika belum ada tulisan itu, silahkan ulangi dari langkah pertama.
  


7. Pada kolom Option, pastikan Auto Reboot dan F. Reset Time di checklist
8. Lalu pada kolom Files [Download], checklist button PDA kemudian cari file UPDATE-SuperSU-v1.25 yg tadi sudah didownload. Jangan lupa di ekstrak dulu ya.


9. Terakhir, klik button Start. Tunggu sampai sukses dan smartphone akan merestart sendiri.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

9 langkah diatas adalah langkah menginstall cwm. Cwm itu merupakan kepanjangan dari clock work mode, customean recovery mode bawaan smartphone yang di oprek-oprek oleh developer. Setelah smartphone merestart sendiri, matikan lagi smartphonenya sampai benar-benar mati (layar warna hitam, bukan abu-abu). Abis itu, nyalakan smartphone dengan menekan tombol Volume Up+Home+Power secara bersamaan. Terus pilih install ZIP From SDCARD, kemudian pilih file UPDATE-SuperSU-v1.25.rar yg sudah di download tadi, kemudian Yes. Tunggu hingga hasilnya complete. Jika sudah, back ke menu awal dan Reboot Now. Selesai deh.

*note: pada clock work mode, touchscreen layar tidak berfungsi. sehingga untuk menjalankan nya gunakan tombol dibawah ini:
Volum Up: untuk naik
Volume Down: untuk turun
Home: untuk ok
Power: untuk back

Kalau mau tauu rooting berhasil atau tidak, coba di cek pada menu smartphone Anda, kalau sudah ada aplikasi SuperSu, berarti sukses. Semoga bermanfaat :D


Sumber: google dan pengalaman sendiri~

0 comments:

Post a Comment