What I think and what i see. Yes it these!

Saturday, August 10, 2013

program looping sederhana

5:39 PM Posted by el , No comments


Contoh Program Perulangan Sederhana


Huuaaaaa!! kembali lagi bersama saya *opening yg gak jelas* haha. Postingan ini merupakan part 1 dari sambungan Struktur Dasar Algoritma. Disana saya berjanji akan memberikan contoh program perulangan yg sederhana, saya tepati janji itu dipostingan ini. Bahasa pemrograman yg saya gunakan adalah bahasa C. Software untuk ngoding bahasa C ada banyak, namun disini saya menggunakan Dev C++. Search saja di google untuk memiliki software free tersebut.

Langsung aja, disini saya akan memunculkan tulisan Moon Light The Jungle Tour yg diulang sebanyak 30x dengan For, Do-While dan While. This is the sourcecode, here we go!!

For
//library C
#include <stdio.h>

//main
main(){
int i=0;
 
//perulangan dengan For
for(i=0;i<30;i++){
     printf("%d  Moon Light The Jungle Tour\n",i+1);
     }
}


Do-While
//library C
#include <stdio.h>

//main
main(){
int i=0;
 
//perulangan dengan Do-While
do{
   printf("%d  Moon Light The Jungle Tour\n",i+1);
   i++;
   }while(i<30);

}


While
//library C
#include <stdio.h>

//main
main(){
int i=0;
 
//perulangan dengan While
while(i<30){
   printf("%d  Moon Light The Jungle Tour\n",i+1);
   i++;
   }
 
}

Ketiga perulangan tersebut hasilnya semua sama, look the image below:




Selanjutnya, saya buatkan program memunculkan segitiga siku-siku yg terbuat dari bintang. Program tersebut menggunakan konsep perulangan. Hasil capturenya nampak seperti gambar dibawah:



Untuk sourcecode bisa dipelajari:

#include <stdio.h>

main(){
int i, j, tinggi=7;
 
printf("\n\tPERULANGAN SEGITIGA BINTANG\n");
//perulangan untuk bintang yg membentuk segitiga siku2
    for(i=0;i<=tinggi;i++){
        for(j=1;j<=i;j++){
            printf("*");
        }
        printf("\n");
    }
}


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba~


0 comments:

Post a Comment