What I think and what i see. Yes it these!

Sunday, December 21, 2014

Pengalaman Lomba Hackaton Indigo BestAppsID 2014

10:21 PM Posted by el , 2 comments

29-30 November 2014 merupakan hari dimana perlombaan hackaton yg untuk pertama kalinya diadakan oleh Bandung Digital Valley dengan sponsorship Telkomsel dan sponsorship besar lainnya. Hari dimana untuk pertama kalinya saya memenangkan lomba yang ketje ini. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Kaget sedih senang dan gak percaya campur aduk semuanya saat panitia mengumumkan pemenang lomba tersebut

Berawal dari postingan teman tentang acara hackaton di grup wa, penghuni grup memutuskan untuk mengikuti lomba tersebut. Yaa, semua member grup mengikuti lomba itu yang dibagi menjadi 4 kelompok, dengan pembagian kelompok random. Saya kebagian sekelompok dengan faza nimas aldi. Setelah dibagi, saya dan tim pun membuat grup wa sendiri yg diberinama LeGO. Iiiyyaaap LeGOooo o o o o oowwwoooooooo~

Saya dan tim mulai intens merapatkan konsep sistem, kira2 masalah apa cocok untuk dicarikan solusinya. Setelah berpusing-pusing ria menyamakan pemikiran, alhasil terbentuklah ide yg diberinama TransGO. Eh iya saya belum menjelaskan hackaton bestappsid itu apa ya hehe. Hackaton bestappsid merupakan perlombaan mencari aplikasi terbaik yg bermanfaat untuk masyarakat, lomba ini diadakan di Bandung. Sesuai dengan temanya, Code for Folks dengan brand ambasador Bung Karno (serem ya brand ambasadornya orang yang udah gada --'). TransGo adalah sistem web yang kita rencanakan dengan fungsi dapat melakukan topup pulsa e-ticketing trans jakarta yang dapat dilakukan dengan memotong pulsa dari nomor telkomsel. Sebenarnya saya dan tim tidak memiliki bekal apapun untuk mengikuti lomba tersebut. Tapi setelah mematangkan konsep, kami pun berani melangkah bersama, melangkah dengan Bismillah :)

Jumat malam 28 November 2014 saya dan rombongan berangkat kebandung dengan menggunakan mobil pribadi. Sesampainya dibandung, saya dan rombongan istirahat dahulu di rumah kontrakan salah satu adiknya teman saya. Setelah istirahat, saya dan rombongan langsung cau ke tempat lomba (gedung sabuga samping kampus ITB). Acara dimulai pukul 9.00 yang dibuka oleh walikota Bandung, kang Emil. Dilanjut dengan sesi ngoding seharian yang dimulai panitia dengan count down dari sabtu pukul 10:30 sampai dengan minggu pukul 10:30. Sehabis sesi koding, selanjutnya adalah presentasi. Semua peserta mempresentasikan aplikasinya ke dewan juri. Presentasi tersebut menjadi penilaian juri untuk menentukan pemenang. Disore harinya, baru deh panitia mengumumkan kelompok yg berhak mendapatkan Gold (14 kelompok) dan Platinum (10 kelompok).

Saat count down dimulai, semua tim start koding dengan mengkonversi ide mereka kedalam kode-kode untuk dijadikan sebuah aplikasi yang bermanfaat. 2 jam pertama saya koding lalu istirahat untuk isoma. Lanjut koding lagi dan saat asar datang saya istirahat. Kemudian lanjut koding lagi dan saat maghrib datang saya istirahat sampai waktu isya datang. Selepas isya saya koding lagi sampai larut malam (jam 2:20), keraaaaaaaaasss! -___- acar ini emang keraass tapi ketjee hahaha. Karna panitia sangat mengcover semua kebutuhan makanan untuk peserta. Dijamin deh, ikut lomba itu ga akan kelaperan hahaha. Makan berat dan coffe break selalu disediakan panitia tanpa keterlambatan waktu (y)

Tidur jam 2:20 dan bangun jam 4:50 membuat hidung ini meler --' Mata masih ngantuk sebenarnya tapi harus lanjut koding lagi karna aplikasi yg saya dan partner koding bangun belum selesaiii. Mata semakin ngantuk sampai mendekati detik count down menit ke-30 tapi aplikasi belum juga selesaaiiiii. Saya dan tim pun pasrah. Lalu 24 jam koding non stop pun finish and now presentasi ke dewan juri. Setelah dirapatin, akhirnya yang presentasi dari LeGO adalah saya dan aldi. Pas presentasi saya pasrahin semuanya ke Alloh. Menang atau kalau bukan masalah, karna kita sudah pasrah hahaha. Sehabis presentasi saya main bareng teman-teman untuk menghilangkan stress, zuhur datang saya pun sholat. Saat panitia bilang makan siang sudah tersedia, saya tidak selera makan, karna yang saya butuhkan adalah tidur nyenyak --'. Cukup lama peserta menunggu panitia melakukan penjurian, waktu kosong itu digunakan peserta lain dengan aktivitas mereka masing-masing. Ada yg lanjut koding, ada juga yang relaksin diri, dan saya lebih memilih berodoj.

Masih menunggu penjurian, sekitar jam 2 an lewat peserta di hibur oleh band terkemuka, viera, tapi saya dan 1 orang teman saya memilih keluar ruangan. Saya tidak suka band-band macem ituu, berisikk hahaha. Saya keluar untuk makan dan sholat asar. Selepas makan dan sholat, saya menunggu teman saya yang sedang ke kamar kecil itu sambil nonton badminton di televisi salah satu boot sponsorship hehe.

Saat masuk kembali keruangan, bagaikan mimpi. Aldi mencari-cari saya dan bilang "tul laptop mana?? Cepet, kita menang tul. Dikit lagi mau presentasi nih". Subhanallah, walhamdulillah walaillaha illallah wallahu akbar, antara percaya dan gak percaya. Bagaikan mimpin, bisa naik panggung untuk menjadi pemenang. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Fyi, semua kelompok yang mengikuti lomba ada 200an tim, dari 200an tim tersebut dipilih 10 pemenang platinum dan 14 pemenang gold. Rombongan saya yang datang dengan 4 tim, 2 diantaranya lolos!  1 lolos menjadi platinum winner dan 1 lagi menjadi gold winner, double kill for UIN :D . Selesai acara saya dan rombongan balik kerumah dengan mata panda semuanyaaa hahaha.

Thats all in expectation, karena dari awal LeGO hanya mencari pengalaman, engga berharap lebih. Tapi Alloh ngasih bonus buat anak sholeh dan sholehah ini hehehe. Eitss tapi perjuangan saya dan tim gak sampai disini doaaanggg. Karna seluruh pemenang (24 tim) yang lolos akan mengikuti tahap selanjutnyaa, yakni pemilihan 3 besar pada 14-16 Januari 2015 nanti. Iyap bener sekali, sekarang LeGO sedang mematangkan konsep dan sistem. Lagi, saya dan tim tidak berharap lebih. Kita melakukan yang terbaik aja, menang atau kalah kita serahin semuanya ke Alloh. Karna yang berharga adalah pengalaman :-)

2 comments:

  1. wah seru seru terus kelanjutannya gimana?
    masuk 3 besar kah?

    ReplyDelete
  2. iya seruuu :D tpi kelanjutannya engga lolos 3 besar hehehe

    ReplyDelete