What I think and what i see. Yes it these!

Tuesday, November 4, 2014

Panada Conference 2014

7:50 AM Posted by el , , No comments

Sabtu, 1 November 2014. Pertama kalinya Panada mengadakan conferensi yg diisi oleh seminar seminar TI yg sedang in saat ini. Seperti biasa, saya dan teman2 yg notaben pemburu seminar gratisan (hahaha :D) ikut meramaikan acara tersebut. Acara yg dimulai sejak pukul 8:30 di Mega Bank Build Jakarta Pusat (sebelahnya gedung TransTV) ini disponsori oleh perusahaan IT ternama, yakni Microsoft dan detikkom.

Ho'oh bener, acara ini berkelas bgt! Nyesel bagi yg ga ikut! Dengan hanya mendaftarkan diri by online (tapi diseleksi dulu sama panitia) kita akan mendapatkan kaos gratis, coffe break 2x dan makan siang yg lauknya Alhamdulillah gak kira2 hahaha. Karena berkarbohidrat+berprotein semua (daging, kentang, udang, tempe, sayur, puding, pisang dan kerupuk), ampe disebutin kan tuh hehe.

Selain itu, acara Panada Conference ini di live streamingin oleh detik inet loh! Wohoo! Berasa lagi menghadiri seminar presiden kan tuh. Jadi, bagi yg ingin melihat langsung wajah saya masuk televisi seperti apa, download aja videonya di internet hahaha. Berangkat dengan modal ngikutin temen (karna gatau jalan hehe), database jalanan Jakarta di otak saya pun bertambah. Okeh yang ini abaikan, karena ga ada sangkut pautnya sama Panada Conference hehe_-

Dari tadi saya nyebutin Panada Conference mulu yah, engga ngejelasan secara detail itu acara apa hahaha. Oke jadi gini, Panada Conference 2014 adalah acara pertama yg diadakan oleh Panada Framework. Do you know? Saya juga baru denger ada framework namanya kaya nama makanan, Panada, nganeh.... Eits tapi jangan judge gitu dulu, kita harus berbangga dengan Panada, karena Panada buatan Indonesia! Real buatan developer Indonesia!

Engga kalah dengan framework yg lainnya, Panada dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan performa kecepatan sistem dan kemudahan dalam menggunakannya. Anw, kalian tau ga framework itu apa? Dari tadi saya nyebutin istilah aneh mulu ya hahaha. Penjelasan sedikit aja nih, frame=bingkai dan work=kerja, jadi framework=bingkai kerja. Bingkai kerja disini maksudnya adalah sebuah bingkai yang akan membuat kerjaan kita rapih dalam tata letak file-file kerja kita. Framework ada 2 macamnya, framework tampilan (ex: bootstrap, foundation dll) dan framework php (ex: ci, panada, laravel, yii2 dll). Udah kebayang kan framework itu apa?

Ini penjelasan dalam perumpamaannya. Misalkan gini, kalian dikasih beras 2 liter, kemudian dikasih lagi lauk mentah (tahu tempe ikan dan sayur sop) oleh bos kalian. Lalu kalian disuruh masak semua itu sampai matang. Bos gamau tau gimana caranya pokonya semua itu udah harus matang agar bisa dimakan saat jam makan siang. Pertanyaannya gini, jaman sekarang masak bisa menggunakan kompor gas, kompor minyak, kompor kayu dll kan?? Dan kalian bisa menggunakan cara apapun (re: minta bantuan temen atau nyuruh orang lain lagi untuk memasak itu semua atau yg lain) kan untuk bisa memproses lauk mentah tadi?? Nah dari perumpanaan itu tergambar jelas bahwa ada banyak cara untuk memasak lauk mentah biar menjadi lauk matang. Bahan mentah kita ibaratkan sebagai algoritma dan script-script php. Kompor gas atau kompor kayu kita ibaratkan sebagai frameworknya. Jadi benang merahnya, mau pake kompor apapun (framework apapun) pasti bisa memasak lauk-lauk mentah tadi (memproses algoritma dan script2) menjadi lauk matang (aplikasi yang bermanfaat). Tinggal kitanya aja yg gimana, mau nyuruh orang lain lagi atau masak sendiri (keseriusan kita dalam membangun aplikasi). Begitu, hehe.

Back to Panada Conference. Rundown acara dari jam 8:30 sampe jam 4:30 adalah:
- registrasi ulang
- seminar tentang windows
- acara inti, seminar tentang Panada
- seminar tentang detik com
- break
- 6 seminar yg terbagi menjadi 2 kubu, seminar bigdata/infrastruktur, laravel/yii dan git/composer
- pengumuman pemenang tweet
- pulang

Semua acara pada rundown tersebut menarik semua (meskipun pas seminar laravel sedikit nge bt in karena pembicaranya kurang jelas dalam mentransfer ilmunya ke peserta). Acara yang ditunggu-tunggu adalah pas pengumuman pemenang. Dan nama saya hampir aja menang hahahha. Pas di umumin ada tulisan the winner is..... kwkwkw. Oh iya lupa jelasin lagi, pas acara inti, pembicaranya adalah CEO nya Panada, namanya saya lupa tapi akun twittternya @k4ndar . Beliau sangat hebat, dengan latar belakang pengalaman pribadi mengenai database, beliau mampu menciptakan framework Panada ini. Selain itu, yg semakin membuat beliau yoi adalah, beliau belajar web sendiri! Karena basic pendidikan dia sosiologi, gada sangkut pautnya sama sekali dengan TI. Wohooo thumb up for you pak @k4ndar (y)

Selesai acara saya dan teman2 balik dengan tujuan pulang yg berbeda semua. Dan selepas acara itu, saya berniat untuk mempelajari Panada dan menerapkan disetiap aplikasi web yg saya bikin, in sya Allah. Karena saya akan merasa bangga dengan menggunakan produk dalam negeri. Udah dulu yah mau berangkat kuliah nih. Acaranya sabtu, baru sempet ditulis senin hahahaha. Semoga saya bisa menjadi the next @k4ndar , agar bisa membuat framework sendiri, ada bayangan mau bikin fuzzy framework hahahahahaaaa, yg tau framework ini pasti ketawa :D
Sekian~


Selfie bareng temen-temen dan CEO of Panada (cowo pake kaca mata) :D




0 comments:

Post a Comment