What I think and what i see. Yes it these!

Friday, November 28, 2014

eksport data excel ke sql

11:15 AM Posted by el , , No comments


Saya nyempetin nulis blog ini ditengah tengah kesibukan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Tulisan kali ini berisi tutorial yg berhubungan dengan PKL saya sendiri. Pernah gak kalian mempunyai data beratus2 ribu yg disimpan dalam excel, kemudian bingung caranya untuk di eksport ke database sql? Nah yg saya alamin saat minggu pertama dan kedua pkl adalah permasalahan tentang eksport database dari excel ke sql.

Dalam PKL ini saya disuruh buat sistem KHS (Kartu Hasil Studi) dengan basis web disalah satu STIE di daerah Jakarta. Saya diberi data nilai mentahan berupa excel yg isinya semua nilai mahasiswa STIE itu. Kebayang gak tuh, semua nilai mahasiswa loh ya. Dan datanya pun ada 500ribuan lebih, wadaw -.- data itu masih mentah bgt dan harus difilter agar bisa disimpan di database MySQL. PKL minggu pertama pun saya habiskan dengan browsing di internet untuk mencari cara eksport excel to sql. Setelah browsing google sana sini, akhirnya database tersebut bisa di eksport ke dalam db mysql. Alhamdulillaaah :D

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa data yg saya punya ada 4 tabel, yakni data siswa untuk login, data mahasiswa, data mata kuliah dan data nilai, yg kesemuanya itu berupa excel.
Mengetahui hal itu, kebayang dong pr saya banyak bgt-.-

Langsung aja dah yuk masuk ke tutorial yang saya bikin. Tutorial eksport data excel ke sql saya tuangkan dalam point sebagai berikut:

1. Data yg ingin di eksport kalau bisa harus terisi semua dan jangan sampai ada yg kosong. Kalau ada yg kosong, cara untuk ngisinya ikutin tutorial di tulisan saya yg ada disini
2. Kalau udah keisi semua, save as file tersebut dengan format .CVS (Comma Delimited)
3. Jika sudah, buat databasenya dengan nama apapun, disini saya bikin dgn nama khs
4. Setelah create database, import file csv tersebut ke database yg tadi dibikin, kemudian centang sesuaikan pada gambar dibawah ini


5. Jika sudah, klik Kirim dan tunggu sebentar.
6. Taraa!! Tabel pun terbentuk. Sekarang tabelnya tinggal direname deh

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat :D


0 comments:

Post a Comment