What I think and what i see. Yes it these!

Monday, October 13, 2014

jalan jalan ke jogja

2:05 PM Posted by el No comments
BACKPACKER TO KOTA PELAJAR

My secondary backpack experience. Setelah hampir 1 tahun ada omongan mau jalan2 ke jogja, akhirnya terealisasi juga nih hajat. Ini pengalaman backpackeran saya yg kedua setelah yg pertama naik bus dengan tujuan kota Solo. Backpackeran kali ini saya menggunakan kereta. Iya kereta! Akhirnya ngerasain juga apa yg orang2 rasakan saat mudik lebaran dengan kereta. Hm you know lah orang betawi kaga punya kampung, jadi agak sedikit norak pas naik kereta dgn tujuan yg jauh. Yg biasanya naik kereta paling banter ke rangkas atau tanah abang doang hahahahaaaa. OOT. Jakarta-Jogja makan waktu 9 jam loh, bisa dibayangin saya duduk didalam kereta selama itu?? -_- Tapi itu masih mending sih, waktu saya ke Solo by bus, spend about 23 hours! Ngeekk! -__________- But itu bukan masalah ah, karena yg penting saya menikmati perjalanan dan liburan saya waktu ke Solo dan Jogja hehe

Awalnya saya agak ragu pas beli tiket (waktu bulan puasa lalu). Alasannya klasik sih, karena 10 rencana yg direncanain temen-temen tsanawiyah, 9 diantaranya GAK BAKAL terealisasi hahaha. Ditambah lagi, saya ragu gadapet ijin dari abi saya karena tanggal keberangkatan yg ditentukan (11-14 September 2014) merupakan tanggal dimana saya belum lama pulang kkn (pulang kkn tgl 7). Belum lama ninggalin rumah selama sebulan, 3 hari kemudian pergi lagi selama 4 hari. Jadi saya takut gadiijinin sama abi saya. Maklum sih anak perempuan, bontot pula hohoho

Tapi keraguan itu terjawab setelah J-6 (dibacanya: jam min 7) keberangkatan, saya baru ijin ke abi kalau saya mau pergi ke jogja selama 4 hari. Respon abi saya just silent, wew. Pas bilang "bi ntar abis magrib la mau ke jogja, bareng temen2 yg kemaren maen ampe malem | mau kemana? | kejogja bi, minggu juga pulang ko | *dicuekin*". Karena dicuekin saya pun pasrah dan kembali ke kamar untuk packing (terpaksa). J-1 keberangkatan abi saya manggil dan ngasih sesuatu. Yes! Ongkoooss hahahaha. Seperti itu lah abi saya. Diem. Cuek. Ga perhatian. Dan masa bodo. Tapi saya yakin, didalem hatinya yg terdalam masih ada sayang sama anak2nya, meskipun cara merepresentasikannya dengan cara yg kaku.

Lanjut lagi. Setelah dikasih ongkos saya pun berangkat dengan telepon dan bbm yang masuk dari teman-teman saya, ah~ budaya ngaret Indonesia emang gapernah hilang. Maap ya teman hehe. Setelah kumpul semua, kita pun berangkat ke stasiun senen. Kita ke stasiun dengan menyarter angkot C.01, karena bis Ciledug-Senen tak kunjung datang dan juga waktu keberangkatan kereta hampir tiba.

Tiba distasiun, sayapun mesti nukerin tiket yg udah di pesan via online. Temen saya sih yg ngurusin, saya mah cuma duduk manis sambil nunggu semua beres hehehe. Setelah beres semuanya, akhirnya kita berangkat dengan menduduki sit masing2! Yeah! Sama halnya anak-anak gahol kebanyakan *cielah* kita nyelpi dulu pas nunggu kereta datang. Di dalem kereta, kita malah lebih gahol! Penumpang lain kita ajakin selfie!. Alhasil kita jadi pusat perhatian hahaha. Selama dikereta, saya dan teman2 menikmati perjalanan sambil brainstorming, ketawa2, menghabiskan cemilan dan ngisengin satu samalain hihi.

Sesampainya di jogja, saya dkk sarapan disebuah warung kecil dkt stasiun lempuyangan. Warung yg pertama saya tuju adalah warung soto jogja. Pertama saya melihat soto itu, saya langsung hilang selera makan, entah kenapa. Alhasil saya pun mesen indomie (aduh la jauh2 ke jogja yg dimakan indomie juga). Setelah sarapan, kita cus cari penginapan. Kebetulan temen SMK nya temen saya (3 orang. Sebut saja 3 diva) juga lagi liburan ke jogja, mereka dijogja udah dari hari kamis, dan mereka menginap di sebuah losmen. Usul punya usul ide punya ide, dengan alasan capek karena 9 jam duduk dikereta, kitapun pergi ke losmen yg sama dengan 3 diva itu. Tiba dilosmen, kita tawar menawar harga dengan yang empunya dan yah! 7 orang (2 cewe 5 cowo) cuma kena 175rb permalam. Pembagiannya: 1 kamar untuk yg cowo dan yg cewenya gabung di kamarnya si 3 diva itu. Kalo diitung2 lumayan murah lah segitu. Fasilitas not bad pula. Hm tapi ada kejadian horor yg saya alami dilosmen itu-____- (gamau cerita lebih lanjut tentang cerita horornya, takut nanti disangkanya ngejelekin si losmen).

Kitapun beberes kamar lalu kemudian istirahat tidur. Siang menjelang sore, saya mencari makan dengan teman-teman sambil melihat-lihat tempat belanja. Oh iya, losmen kita terletak di daerah Jl Malioboro, tepatnya di Jl Sasrowardaya. Itu pusatnya kuliner dijogja kali yah, banyak tukang makanan soalnya, murah-murah pula *0* saya beli soto ayam+nasi just 8rb, sebuah moment langka di Tangerang hahaha.

Setelah puas makan dan sedikit lihat-lihat tempat belanja (iya cuma lihat-lihat haha) saya balik lagi ke losmen untuk bersiap sholat asar dan mandi, lalu kemudian jalan-jalan sore. Yeppeee, kita kejogja udah direncanain dari kapan tau, ampe punya rundown wahahaha. Hari pertama (jumat) kita habisi waktu di Jogja dan sekitarnya. Hari keduanya, kita cekout dari losmen lalu kita ketempat wisata yg ada diselatan Jogja yakni ke Goa Pindul yg ada di Wonosari, Pantai Baron, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko dan terakhir ke Klaten. Pergi ke 4 tempat wisata itu kita menggunakan mobil charteran, 700rb untuk 1 hari full dengan mobil elep. Tapi itu belum sama biaya bensin. Pulangnya kita ke Klaten karena kakaknya temen saya ada yg tinggal disana. Demi mengurangi cost pengeluaran, alhasil malam ketiga backpackeran kita nginep di Klaten hihi.

Semua tempat wisata yg kita kunjungi seru-seru, tapi dari 4 itu yg paling seru adalah Goa Pindul. Tapi tapi tapi tapi tappiiiiiiiii sayang banget gada yg mengabadikan moment kita disana, karena kita semua gada yg bawa kamera, hiks T,T . Dengan alasan hp takut rusak kena air, alhasil kita cuma mupeng saat orang lain lebih siaga dengan membungkus kameranya dengan plastik, mupeng asliiiiiiii.___. . Padahal kapan lagi coba saya loncat dari bebatuan, kemudian berenang dikedalaman 17 meter, keren ameeeettt tapi sayang, huhuhu. Kalau tempat wisata yg lain ada momentnya, nanti saya post di bagian terakhir.

Dalam perjalanan ke tempat wisata itu, mas mas supirnya banyak cerita tentang sejarah Jogja, Kraton, politik, Islam, bahkan tentang kehidupan dia waktu pacaran dulu -,- Dari beberapa ceritanya itu ada 1 topik yg tidak saya suka, rasis guys. Tetiba si mas sopir bilang bahwa gada pahlawan Indonesia yg berasal dari Betawi, apa coba maksudnya :S . Awalnya sih ngomongin sejarah Jogja, tentang Kraton dan bangsawannya. Tentang kenapa Jogja menjadi kota istimewa. Tentang perjuangan NKRI waktu melawan penjajah dan segala macem tentang Jogja.

Tapi tiba-tiba si mas sopirnya bilang "tapi pahwalan kita gaada yg dari betawi yah??". Yah ni orang, ko rasis ye????? Agak sedikit gimana gitu pas denger itu, tapi saya memilih diam. Saya nyimak cerita si masnya aje sambil iya in dan haha in (tawa ganiat, biar si mas sopirnya seneng). Teman saya yg orang betawi juga tidak terima dengan pernyataan si mas sopir, teman saya langsung membela dengan pernyataannya, dan terjadi percakapan seperti ini "ada ko mas, itu si Pitung || itu kan cuma cerita rakyat aja, gada buktinya tuh sampai sekarang. bahkan kuburannya juga gada, iya kan?? || iya sih, tapi di pelajaran SD di Jakarta selalu ada cerita tentang si Pitung. Itu berarti si Pitung dianggap keberadaannya mas. Ya wallahu a'lam sih || kebanyakan pahlawan dari jawa, dari Sumatera dan Sulawesi juga banyak. Betawi punya apa? Domisili aja di Jakarta dan Tangerang doang. Itu juga sekarang udah mulai terpinggirkan sama orang jawa. || Betawi di Banten dan Bekasi masih banyak ko mas, ya meskipun terpinggirkan dengan pendatang baru. Tapi Betawi masih eksis ko! Hahaha" . Percakapan rasis itu ditutup dengan tawa haha yang agak terpaksa keluar dari bibir saya, gasuka Betawi dijelek-jelekin :V

Saya pribadi yang aslinya pendiem gamau nanggepin orang kaya begitu, biar aja dah mereka ngejelikin, toh dosa mereka yang nanggung ko. Lagi pula saya juga mengedepankan persatuan Bhineka Tunggal Ika daripada mencari kejelekan orang lain. Indonesia ini indah. Kalo antar suku aja saling menjelekan, kapan majunya ni negara??? Gitu bukan mas?? :V . Tapi gimana pun, saya tetap berterimakasih kepada si mas sopirnya karena udah nganterin kita keliling Jogja. Semoga si mas sopir sadar, jangan cari-cari kejelekan orang lain aja ya, sayang-sayang waktu kita kebuang buat hal yang sia-sia. Kalo emang punya penilaian buruk terhadap suku A atua B atau C, disimpen aja dah bwt koleksi. Jangan diomongin langsung ke sukunya. Berabe pan nanti kalo ampe berantem

Back to title. Selesai dianterin ke Klaten, minggu pagi kita menikmati kampung yg sejuk nan jauh dari kebisingan kota. Kita habiskan waktu dengan belanja oleh-oleh di Klaten dan siangnya kita balik dengan menggunakan kereta juga. Kereta jurusan Lempuyangan-Senen. 9 jam perjalanan kita nikmati dengan cerita dan bincang-bincang ringan dengan penumpang lain.... Satu kata untuk backpackeran kali ini, Seru!


Nongsis sebelum kereta datang

Di Candi Ratu Boko

Selfie di Pantai Baron

Jump! Di Pantai Baron

setelah selesai berenang dari Goa Pindul

Selfie di pintu masuk Pantai Baron

setelah selesai berenang di Goa Pindul

foto di pintu masuk Goa Pindul

0 comments:

Post a Comment