What I think and what i see. Yes it these!

Wednesday, September 24, 2014

Cara Membetulkan Grub Rescue Yang Error

11:18 PM Posted by el , No comments

Cara Membetulkan Grub Rescue Yang Error


Kamu pernah ga mainin laptop adik atau saudara yg laptopnya itu dual booting antara windows dengan linux?? Lalu kamu 'iseng' mau mempartisi hardisk laptop tersebut, tapi yg terjadi adalah kamu gak sengaja menghapus partisi linux itu. Dan saat laptop dinyalakan ulang, ternyata startingnya masuk ke grub linux. Karena tadi linux udah keapus dan starting laptop default masuk ke grubnya linux, otomatis si laptop jadi bingungkan mau masuk mana??? Layaknya manusia, orang kalo lagi bingung pasti bingung hahaha. Maksudnya bingung mau ngapain. Ini bingung itu bingung, dan yang adapun malah diem aja. Nah begitupun pada laptop. Saat starting settingannya default ke grub linux, sedangkan linuxnya udah gak ada, alhasil si laptop jadi bingung mau masuk mana dan yang ada tampilan layarnya hitam aja (diem aja).

Cerita tersebut merupakan hal yang dialami teman kuliah saya hehe. Teman saya minta bantuan ke saya untuk membenarkan laptop adiknya itu. Saya pernah mengalami hal itu, tapi udah lama banget. Pas disuruh minta tolong begitu, sayapun browsing-browsing lagi untuk mengingat apa yang dahulu saya lakukan saat starting laptop stuck di grub linux yang udah keapus.

Ada banyak cara sebenarnya bwt ngapus grub linux, saya pernah membuat tutorial Cara Menghapus Ubuntu Yang Dual Booting dengan cara yang berbeda. Cara-cara tersebut bisa kita gunakan tapi tergantung dari faktor yang kita perbuat terhadap laptop haha. Jadi gini *benerin kaca mata*, kalo kamu sengaja menghapus ubuntu dari windows, abis itu jangan langsung matiin laptop!!! Langsung install EasyBCD kemudian ikuti langkah-langkah pada tutorial yang saya link kan diatas. Tapi kalo udah terlanjur merestart laptop, jangan kwatir. Masih banyak cara lain. Balik lagi kemasalah laptop adiknya teman saya, akhirnya saya pun browsing-browsing mencari cara bagaimana membetulkan grub rescue yang erro, dan saya nemu tutorial milik orang luar negeri, saat saya coba, uh success! :)

Seperti ini step by stepnyaaa:
1. Pancing laptop dengan membuat bootable windows pada flashdisk atau cd. Cara membuat bootable pada flashdisk lihat Tutorial Disini
2. Kemudian kamu masuk ke menu Repair your computer 




3. Lalu pilih Troubleshoot dan pilih Advanced




4. Setelah itu, pilih Command Prompt dengan mengetikkan code dibawah ini:
  bootrec /fixmbr (enter)
5. Kemudian ketik lagi ini:
    bootrec /fixboot (enter)
6. Trus ketik lagi:
    bootrec /scanos (enter)
7. Dan yang terakhir ketik ini:
    bootrec /rebuildbcd (enter)
8. Restart laptop kamu dengan mengetikkan:
    shutdown -s
9. Setelah laptop merestart, otomatis starting akan masuk ke windows


Selamat, semoga berhasil~

0 comments:

Post a Comment