What I think and what i see. Yes it these!

Sunday, August 18, 2013

augmented reality

1:21 PM Posted by el , No comments

AUGMENTED REALITY



Saya lagi rajin menghias blog nih hehe, berhubung liburan juga yg gak karuan bt nya gak kemana-mana. Liburan semester ini kurang lebih 3 bulan, bingung mau jalan-jalan gak dapet ongkos jadi yaaaa bikin ganteng blog aja deh haha :D

Oke deh, postingan malam ini saya ambil tema tentang Augmented Reality. Untuk anda yg bukan anak TI pasti asing mendengar kata ini, iya ga? Namun untuk anda yg anak TI pasti familiar dengan kata itu. Augmented Reality (Realita Tertambah) merupakan salah satu teknologi yg lagi ngetrend di Indonesia saat ini. Di Amerika dan Jepang, AR sudah ngetrend sejak tahun 2000an. Gak heran juga sih, mengingat kedua negara tersebut teknologinya patut mendapatkan two thumbup hehe. Tau kartun Dragonball (Jepang) dan Power Ranger (Amerika) kan? Nah itu merupakan kartun yg mengimplementasikan AR dalam salah satu episodenya.


Lanjut lagi, menurut Wikipedia augmented reality merupakan teknologi penggabungan benda maya (2 dimensi atau 3 dimensi) dengan benda-benda yg ada di dunia nyata (3 dimensi) yg kemudian memproyeksikan benda maya tersebut kedalam waktu nyata. Atau dengan kata lain , yakni benda maya yg terintegrasi dengan dunia nyata, sehingga sebab itulah dinamakan realitas tertambah. Penjelasan dengan gambarnya lihat gambar dibawah, saya cantumkan printscreen hasil percobaan saya:



Dan gambar dibawah ini, contoh AR yg dewa nya:


Selanjutnya, saya akan menjelaskan beberapa software yg dapat digunakan dalam membuat AR. Ada banyak sekali software yg bisa kita gunakan untuk membuat AR, baik yg berbayar maupun yg gratis dapat kita nikmati. Namun saya hanya menjelaskan 3 software saja, karena ketiga software tersebut sudah pernah saya uji coba hehe. Berikut listnya:
(1) ARToolKit, list yg pertama saya taruh ARToolKit. Karena software ini yg pertama
      saya gunakan dalam membuat AR hehe. Software ini gratis loh~ diciptakan oleh
      Hirokazu Kato yg berasal dari Jepang. Sungguh mulia beliau, menciptakan suatu
      teknologi terbaru abad ini yg bisa dinikmati oleh seluruh manusia sejagad raya,
      dan yg lebih kerennya lagi, its FREE menn!!
(2) BuildAR, lalu yg kedua BuildAR. Untuk software jenis ini ada banyak macam tipe
      nya. Bisa kunjungi website resmi BuildAR for more info. Menurut saya, masih
      userfriendly penggunaannya
(3) Unity, software ini berbayar namun ada trialnya hanya 30hari. Dari semua ketiga
      software AR, ini yg paling susah. Enggak susah juga sih, cuma agak ribet aja
      pemakaiannnya. Nanti akan saya postingkan tutorialnya.

Untuk tutorialnya bisa baca postingan saya berikutnya. Sekian dan terima kasih :D

Postingan terkait:
- Membuat augmented reality dengan ARToolKit
- Membuat augmented reality dengan BuildAR (masih dalam pengerjaan)
- Membuat augmented reality dengan Unity (masih dalam pengerjaan)

0 comments:

Post a Comment