What I think and what i see. Yes it these!

Wednesday, July 31, 2013

struktur dasar algoritma

3:47 PM Posted by el , No comments


DEFINISI DAN STRUKTUR DASAR ALGORITMA



Disemester wahid kuliah, saya asing mendengar kata algoritma. Hm sedikit terdengar seperti nama game *lah haha. Karna bingung sayapun membaca buku dan mencari-cari di internet tentang itu. Dan inilah definisi algoritma menurut Ismatul Maula hehe, check it out!

Definisi umum algoritma bisa dibilang sebuah langkah yg dipakai untuk menyelesaikan suatu masalah secara berurutan. Namun, disini saya akan menjelaskan definisi algoritma khusus dibidang Teknik Informatika ya. Algoritma dalam TI merupakan akarnya ilmu komputer dan informatika. Kata algoritma sendiri berasal dari nama sang pemenu yg berasal dari Persia, yakni Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi, beliau seorang matematikawan. Namun di barat lebih dikenal dengan Al Ghorizme, karena orang sana tidak bisa menyebut Al Khawarizmi. Dan di Indonesia dikenal dengan Algoritma. Buku pertama beliau adalah Al-Jabar, yg membahas sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Sehingga beliau dijadikan Bapak Aljabar.

Sebuah algoritma merupakan deskripsi alur suatu proses yg dikerjakan oleh pemroses berdasarkan algoritma yg benar. Jika diperjelas lagi, komputer menyelesaikan masalah dengan bertahap (melalui proses-proses nya) dengan mengikuti algoritma yg diberikan oleh manusia. Algoritma yg diberikan manusia dapat melalui satu tahap, dua tahap, atau mungkin banyak tahap yg secara logika tahap-tahap tersebut benar. Kata-kata saya acak-acakan gak sih? Haha, gini deh kesimpulan algoritma dalam dunia komputer saya bikin berpoint:

- Langkah-langkah yg digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah
- Deretan instruksi yg jelas dalam menyelesaikan masalah sehingga menghasilkan keluaran yg benar
- Cara logis untuk menyelesaikan masalah step by step dengan mengeluarkan nilai benar atau disebut output

Udah paham kan apa itu algoritma, sekarang saya bahas Struktur Dasar Algoritma. Kenapa harus Struktur Dasar Algoritma? Karena klo kita ingin belajar pemrograman maka kita harus paham dahulu dasar-dasarnya, ya kaya algoritma ini. Lagipula kalian akan bertemu matakuliah itu kok, bagi yg jurusan TI hehe. Inti dari algoritma kan langkah-langkah logis yg digunakan untuk menyelesaikan masalah. Nah langkah-langkah yg dimaksud yakni runtunan (squence), pemilihan (selection) dan pengulangan (looping).

1. Runtunan (squence), dari arti katanya squence=urut dapat dikatakan suatu langkah yg terjadi secara berurutan. Algoritma merupakan kumpulan instruksi/kejadian/langkah/pernyataan, dimana setiap pernyataan tersebut dilakukan secara berurutan sesuai dengan algoritma nya. Contoh real gini, misalkan kita ingin meminum susu kotak. Algoritma nya saya buat seperti ini:
- Pergi ke warung
- Mengambil susu kotak
- Membayar susu tersebut
- Meminum susu
Algoritma diatas sudah benar sesuai dengan urutan nya. Mungkin gak kita ingin minum susu jika kita belum membelinya? Atau belum membayarnya? Atau tidak mempunyai uang untuk membeli? Secara logika kan gak bisa... Jadi kesimpulannya struktur squence ini dilakukan secara berurutan. Ah engga, yg benar HARUS berurutan!

2. Pemilihan (selection), apa yg dipilih? Dan kenapa harus memilih? Pemilihan ini berguna untuk menjalankan suatu aksi yg memiliki syarat kondisi tertentu. Misalkan gini, Tau traffic light yg ada dijalan raya? Nah iya itu contoh dari pemilihan. Algoritma traffic light seperti ini:
- Jika lampu berwarna merah, maka berhenti (If-Then)
- Jika lampu berwarna hijau, maka jalan (If-Then)
- Jika lampu berwarna kunig, maka hati-hati (If-Then)
Ada 3 contoh pemilihan, yakni: If-Then, If-Then-Else dan Switch-Case [contoh program di postingan selanjutnya]

3. Perulangan (looping), kemampuan komputer yakni dapat mengulang suatu proses secara terus menerus sesuai dengan perintah yg diberikan oleh manusia. Contoh, misalkan manusia ingin komputer melakukan aksi untuk memunculkan tulisan "Moon Light The Jungle Tour" sebanyak 30x, maka komputer bisa. Dan untuk melakukan perulangan, dapat menggunakan struktur For, Do-While, dan While. Algoritma nya seperti ini:
- Untuk i sama dengan 1 sampai dengan 30 lakukan cetak Moon Shine Jungle Tour (For)
- Untuk i sama dengan 1 lakukan pencetakan Moon Shine Jungle Tour selama 30x (Do-While)
- Selama i lebih kecil samadengan 30 lakukan pencetakan Moon Shine Jungle Tour (While)

Seperti itu definisi dan struktur algoritma menurut sudut pandang saya. Untuk Contoh Program Sederhana dan Algoritma Lanjut akan saya posting kan dilain waktu. Terimakasih sudah mampir untuk membaca :D


Postingan terkait:

Sumber: Google dan Baca Buku

0 comments:

Post a Comment