What I think and what i see. Yes it these!

Tuesday, July 23, 2013

menginstall linux mint cinnamon dual booting

12:51 PM Posted by el , No comments


MENGINSTALL LINUX MINT CINNAMON DUAL BOOTING



Masih dengan experiment saya, postingan ini akan memberitahu anda bagaimana menginstall Linux Mint dual booting. Untuk menginstall Linux Mint ini hampir sama dengan postingan saya tentang Install Ubuntu Dual Booting dgn Windows yg beda versi distro linux nya saja, sebagaimana kita tahu bahwa linux mempunyai turunan/distro yg bermacam-macam. Lalu why must Linux Mint? Lagi pengen nyoba-nyoba aja hehe :p . Untuk versi yg akan saya jelaskan saya menggunakan Linux Mint Cinnamon, anda bisa mendownload nya secara gratis. Sejarah dan macam-macam Linux Mint seperti apa bisa cari-cari di google.

Yg perlu disiapkan:
  • Niat, lakukan segala sesuatu dengan niat yg baik hehe
  • File .iso Linux Mint Cinnamon
  • Flashdisk moreless 2GB
  • Unetbooting (software untuk membuat drive bootable)

              MEMBUAT PARTISI HARDISK
Menurut saya install os itu hanyalah permainan partisi hardisk belaka. Jika ingin menghapus os pun tinggal menghapus partisi dimana os tersebut diinstall. Namun masalah yg akan muncul setelah penghapusan partisi tersebut jika tidak mengikuti aturan, tapiiiiiii semua masalah ada jalan keluarnya ko, tinggal kita nya saja bagaimana menyelesaikan solusi tersebut. Dunia IT memang keras! Mahasiswa IT pun hidup nya keras! haha. Gimana engga, hidup tenang gak ada masalah tapi kita disuruh cari masalah oleh dosen, tentu dengan penyelesaian nya hehe.

Untuk partisi hardisk, cara nya masih sama dengan yg sudah saya post di Install Ubuntu Dual Booting dgn Window, anda tinggal ikuti saja tutor disana. Kemudian.....


             MEMBUAT BOOTABLE PADA FLASHDISK
Software yg kita gunakan kali ini adalah Unetbooting. Saya menggunakan software ini karena userfriendly. Langkah-langkah nya:
  1. Downloadinstall dan jalankan Unetbooting di pc anda, tampilan seperti ini:

      2. Pada menu distribusi pilih jenis distro linux yg ingin diinstall, lalu pilih versi nya. Kemudian
          browse file .iso yg sudah di download tadi. Untuk Tipe pastikan Drive USB karena kita
          ingin membuat bootable pada fd. Lalu Drive, cari drive fd kita

      3. Lalu di OK tunggu sampai proses selesai


          MENGINSTALL LINUX MINT
Setelah semua tahap diatas selesai, lanjut ketahap selanjutnya. Yakni mengganti prioritas booting pada pc kita menjadi fd yg paling teratas. Agar gak repost bisa lihat di postingan saya yg lalu tentang Install Ubuntu *bilang aja males ngetik nya hehe*

Jika sudah akan muncul gambar seperti dibawah:


ditunggu saja sampai masuk desktop, tampilan nya seperti ini. Pilih Install Linux Mint


Kemudian muncul tampilan pilih bahasa, pilih English



Layar selanjutnya anda disandangkan syarat untuk menginstall Linux Mint seperti tertera pada gambar dibawah, Continue



Selanjutnya layar Wireless, pilih pilihan yg atas karena pc kita sedang tidak koneksi ke internet. Kemudian Continue


Kemudian muncul Installation Type, pilih yg Something Else, lalu Continue


Selanjutnya bagian partisi hardisk. Jika waktu pemartisian anda sukses maka akan terbaca oleh partisi di linux sepert gambar dibawah. Karena saya membuat 30GB maka terbaca 31457MB. Klik partisi tersebut, lalu pilih Change


Akan muncul tampilan seperti ini:


Saya buat 7GB untuk file system. Tanda / pada Mount point mengartikan bahwa partisi tersebut akan menjadi file system dalam linux. Jika sudah di OK


Muncul peringatan diatas, di Continue saja. Hasil setelah di partisi. Dibuat lagi untuk partisi yg lain, yakni swap




Pada Use As pilih swap area, saya membaginya 1GB saja. Tidak usah membuat partisi ini juga tidak apa, laptop anda memiliki spec yg tinggi. Kemudian di OK


Hasil setelah dipartisi: 



Dan yg terakhir saya membuat partisi untuk menaruh file-file, jika diibaratkan pada Windows, saya ingin membuat partisi drive D. Buat saja size nya speerti ini, lalu OK


Jika partisi mempartisi sudah beres, klik  Install Now




Selanjutnya, pilih waktu dimana kita berada, saya pilih menggunakan waktu Jakarta, Indonesia dan di Continue jika sudah




Lalu pilih Keyboar Layout, pilih English dan Continue again :D



Kemudian isi nama pc dan password, dan masukkan gambar. Lalu Continue. Muncul slide lagi, di Continue lagi



Dan yg terakhir proses penginstallan Linux Mint, kita dihidangkan beberapa penampilan, nikmati saja, sambil ngeteh lebih baik  :D







Selanjutnya Restart laptop anda. Masuk ke BIOS lagi, ubah prioritas keseperti semula. Lalu Save. Finish~ Alhamdulillah *usap muka* hehe


0 comments:

Post a Comment