What I think and what i see. Yes it these!

Thursday, April 4, 2013

ruang kerja vb.net 2010

4:00 PM Posted by el , No comments

PENGENALAN RUANG KERJA VISUAL BASIC 2010 EXPRESS


Tulisan kali ini tentang penjelasan dan pengenalan ruang kerja VB 2010 Express. Untuk sejarah perkembangan VB mulai dari VB 1.0 sampai dgn yang terbaru VB 2010 Express (rilis pada bulan April 2010) bisa googling sendiri ya. Dan untuk mendapatkan software nya bisa download disini

Oke lanjut aja, postingan ini dibuat karena salah satu mata kuliah yang sedang saya pelajari disemester 4 ini belajar bahasa pemrograman visual basic dengan compiler VB.Net 2010. Penjelasan Visual Basic (biasa dikenal VB) sekilas yg saya tau, visual basic  merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yg masih turunan dari bahasa BASIC (Beginners All purpose Symbolic Instruction Code). Meskipun bahasa tingkat tinggi namun VB mudah untuk dipelajari karena instruksi nya yang mirip bahasa manusia. Adapun penjelasan VB.Net merupakan software keluaran microsoft yang menerapkan bahasa VB. Software ini sudah mencakup IDE (Integrated Development Environment), kompiler, SDK dan Library.

Sebelum memulai ngoding anda harus tau ruang kerja VB.Net 2010. Awal saya membuka VB.Net saya bingung, saya merasa asing dgn tampilan VB.Net, saya merasa tertipu *halah*. Dengan memakai ilmu goblok-goblokan saya jadi bisa. Ringkasan yg dpt saya simpulkan, ruang kerja VB.Net mencakupi tampilan jendelan VB.Net, Menu Bar, ToolBox, Solusion Explorer/Windows Project, Windows Properties dan Error List. Untuk gambar nya bisa lihat pada gambar dibawah ini:



Gambar diatas perupakan tampilan awal saat pertama anda membuka VB.Net 2010. Dipaling atas merupakan Menu Bar.



Gambar yg ketiga dan keempat itu gambar VB.Net setelah saya membuka salah satu program sederhana saya. Dipinggir kiri ada ToolBox yg berisi tools, tool-tool itu untuk ditempatkan di form.vb[Design]. Cara menggunakan nya hanya tinggal di drag saja ke layout form.


Gambar diatas  merupakan Solusi Explorer atau biasa disebut Windows Project. Letak nya ada di sebelah kanan atas ruang kerja VB.Net 2010. Berfungsi untuk memudahkan user dalam menampilkan dan melihat project-project user. Karena disana saya hanya ada 1 project maka yang terlihat hanya ada satu, jika anda membuat banyak project maka akan terlihat semua project-project nya.

Kalo gambar yg diatas dinamakan Windows Properties. Letak nya dibawah Windows Project. Windows Properties ini berfungsi untuk menampilkan properti komponen dari ToolBox yg sedang aktif. Cara mengedit komponen nya klik komponen yg ingin di edit, lalu edit bagian apa dari komponen tersebut yg ingin anda edit.

Gambar itu merupakan Error List. Letak nya ada di tengah bawah. Berguna untuk memberitahu jumlah dan letak error program kita jika ada yg salah.
Nah gambar yg terakhir ini merupakan ruang form. Letak nya ada di tengah. Jika kita membuat sebuah project otomatis akan muncul Form1.vb dan Form1.vb[Design]. Form1.vb berguna untuk tempat mengoding dan Form1.vb[Design] berguna untuk membuat design dari aplikasi yg ingin kita buat.

Semoga bermanfaat. Untuk contoh program VB, dikesempatan berikut nya ya~

0 comments:

Post a Comment