What I think and what i see. Yes it these!

Tuesday, April 16, 2013

final imagine cup 2013

9:59 PM Posted by el No comments
FINAL IMAGINE CUP 2013


Mau bagi-bagi cerita sedikit nih blogger. Dipostingan yg lalu tentang IMAGINE CUP UIN 2013 saya menjelaskan kalau microsoft tiap tahun nya ngadain acara lomba membuat aplikasi, baik untuk desktop maupun mobile yg dibuka untuk umum. Pelajar, mahasiswa, dan umum bisa mengikuti acara ini. Jumat kemaren tepat nya tanggal 12 April 2013 saya datang ke final ImagineCup 2013 di Epicentrum Walk atau biasa di singkat epiwalk. Acara final itu untuk pertama kali nya dibuka untuk public loh, karena biasa nya tiap tahun acara final hanya diperuntukkan finalis. Yah meskipun universitas saya gk masuk kedalam daftar finalis, its not problem. Semoga tahun depan bisa menyusul Amiin :D

Ke epiwalk saya bersama teman-teman kelas dgn naik motor *oke yg ini gk penting*. Nama-nama tim yg masuk final ada 9 dari 5 universitas dgn masing-masing kategori. Mereka adalah ITB, IT Telkom Bandung, STMIK AMIKOM Jogja, UGM dan Univ. Trunojoyo Madura. Dari semua peserta yg mengikuti lomba ImagineCup yg diambil hanya 3 finalis dari masing-masing kategori. Dan dari semua finalis itu hanya 1 yg diambil untuk maju ke tingkat internasional di Rusia. Para finalis dari tiap-tiap kategori yakni Innovation: IT Telkom Bandung, ITB dan UGM. Games: ITB, ITB dan Univ. Tronojoyo Madura. CitizenShip: STMIK AMIKOM Jogja, ITB dan IT Telkom. Cakep, ITB menduduki ketiga kategori tersebut (y). Dan pemenangnya adalah Univ Tronojoyo Madura dgn kategori Games, games yg dibuat adalah Save Hamster. Saya kurang tahu detail nya seperti apa, karena sebelum Univ Tronojoyo presentasi saya sudah pulang. Yang pasti aplikasi yg mereka buat lebih baik dari aplikasi-aplikasi para finalis yg lain nya hehe.

Sebelum acara dimulai, saya berkeliling mendatangi 4 stand. Saya tertarik dengan 2 stand ITB  yg kedua nya membuat aplikasi game. Stand yg pertama membuat game Cats, sesuai nama nya game itu memainkan kucing sebagai icon dari aplikasi mereka. Jadi cerita nya game itu menceritakan kehidupan kucing dirumah yg tdk pernah kita ketahui, yaitu menangkap tikus, kecoa, cicak dan hewan lain nya. Si kucing harus banyak memburu para penghuni rumah yg tdk sangat diinginkan itu, semakin banyak score yg dibuat akan meningkatkan jurus kucing yg lebih 'wah' untuk menangkap serangga di level yg lebih tinggi. Sedangkan stand yg ke-2 membuat game Time Skate. Game ini beradu cepat dgn waktu dimana yg menjadi icon nya manusia yg sedang bermain skateboard. Sambil beradu dgn waktu si orang ini harus banyak-banyak mengabil koin yg ada agar skor nya semakin banyak. Dibawah ini gambar saya sedang memainkan game TimeSkate.

 
Kurang lebih seperti itu yg dapat saya simpulkan tentang game nya. Sedikit ada kejadiaan yg tidak mengenakan yg saya alami disana. Ada salah satu mahasiswi dari univ negeri ternama di Jogya yg tdk menjaga omongan nya sampai mengena dihati saya serta teman-teman saya. Ya meski begitu saya tetap menjaga image, forget it~

Presentasi pertama dibuka oleh IT Telkom yg membuat inovasi terobosan baru, yakni membuat aplikasi untuk anak-anak yg kurang mampu dlm berinteraksi. Sangat keren karena mengkombinasikan aplikasi nya dgn sistem digital. Cara memainkan nya pun dgn tambahan alat sehingga anak-anak yg kurang dlm berinteraksi itu dapat menggunakan nya hanya dengan menggerakkan tubuh mereka tanpa harus menyentuh aplikasi nya. Peserta kedua dari ITB dgn inovasi mengukur kalori dalam tubuh yg dikeluarkan manusia setelah berolahraga. Cara menggunakan nya pun jga keren. Kita hanya lari-lari ditempat dgn track yg sudah ada di layar, yak aplikasi buatan mahasiswa ITB ini menggunakan alat tambahan untuk penggunaan nya. Dan peserta yg ketiga dari UGM, saya kurang memahami karena tidak memperhatikan apa yg mereka presentasikan.

Setelah kategori innovation, selanjut nya para finalis kategori games yg presentasi. Namun pada saat games teman-teman saya mengajak pulang, alhasil saya pun ikut pulang juga sehingga tidak tahu secara detail kategori games dan citizenship. Sampai dirumah saya langsung tepar dan melupakan semua tugas-tugas kuliah yg menumpuk *curhat*. Sekian share cerita saya tentang Final ImagineCUp 2013 di Epicentrum Walk Jakarta. Sekian curhatan saya tentang Final ImagineCup 2013 *meski telat ngeposting hehe. Sekian cerita nya~

Oh iya disana ada pendaftaran dreamspark.com gratis loh. Buat tambahan aja, dreamspark itu tempat untuk mendownload software gratis yg disediakan oleh microsoft untuk menunjang pendidikan di tanah air, kita mesti punya email microsoft. Saya mendaftarkan diri dengan hanya menunjukkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan semua nya beres di urus kk kk disana. Pokok nya gak nyesel deh ke acara Final ImagineCup 2013, semoga Univ Tronojoyo Madura bisa mengibarkan bendera merah putih di Rusia, Amiiiin.

Tambahan, dibawah ini foto-foto saya dengan teman. Dan untuk foto resmi para panitia peserta serta juri bisa dilihat di Microsoft Developer

0 comments:

Post a Comment