What I think and what i see. Yes it these!

Tuesday, August 20, 2013

augmented reality dengan artoolkit

11:20 PM Posted by el , 4 comments

AUGMENTED REALITY DENGAN ARTOOLKIT


Postingan ini Part 1 dari postingan saya tentang Augmented Reality. Disini kita akan membuat augmented reality dengan ARToolKit. ARToolkit merupakan software library yg dibuat oleh Hirokazu Kato asal Jepang. Teknologi negara matahari terbit itu memang patut diacungi jempol (y). Kenapa ARToolKit? karena  software ini terbuat dari kumpulan library klasik. Tidak hanya itu, cara penggunaannya pun sangat mudah, terutama buat pemula yg baru mengenal AR. Software ini langsung pakai tidak usah repot-repot install, tinggal ekstrak file yg sudah didownload, lalu mainkan.

Oh iya, untuk bisa membuat augmented reality pastikan laptop anda memiliki spec yg bagus, terutama dalam VGA dan prosesor, karena augmented reality membutuhkan grafik yg besar. Ya minimal VGA nvidia, tapi coba di laptop yg spec rendah gak ada salahnya juga sih. Tapi kalo gak berhasil dan laptop anda jadi ngehank jgn salahin saya :p Oh iya satu lagi, jangan lupa pastikan laptop anda memiliki kamera, hihi. Kelamaan ya? Haha, yowes pokoknya teks diatas singkat tentang ARToolKit. Langsung aja kita praktekin step by step point dibawah ini :D


[1]  Ekstrak ARToolkit dengan winRar
[2]  Masuk ke folder ARToolKit/pattern, enaknya ARToolKit seperti ini, semua sudah
       disediakan. Difolder pattern sudah disediakan 2 marker yakni hiro dan kanji.
       Sesuai artinya marker=penanda, berfungsi sebagai penanda. Kemudian print
       lah dikertas.
[3]  Lalu masuk ke folder ARToolKit/bin/wrl untuk melihat 3D objek yg sudah
       disediakan. Dalam ARToolKit disediakan 2 objek, 3D bud_B dan toy. Pilih salah
       satu. Disini saya menggunakan bud-B.

Jika kita merasa kurang puas dengan 3D Objek yg disediakan ARToolKit, kita bisa membuat sesuai selera kita, wajah kita pun bisa dibuat 3D. Salah satu contoh software userfriendly (menurut saya) untuk membuat 3D Objek adalah dengan Google Sketch. Software yg lain juga banyak, tinggal googling aja.

[4]  Masuk ke ARToolKit/bin/Data edit file object_data_vrml. Edit dengan notepad
       atau notepad++ terserah anda. Yang awalnya


 menjadi


VRML Wrl/ merupakan nama dari objek 3D kita, jadi misalkan kita ingin menggunakan objek 3D buatan kita sendiri kalian tinggal ganti teks bud_b.dat menjadi nama file 3D kita yg sebelumnya sudah di konvert ke .dat.
Sedang Data/ merupakan nama marker yg kita gunakan.

[5]  Kemudian jalankan ARToolKit/bin, run file simpleVRML. Akan muncul gambar
       seperti dibawah, di OK saja

[6]  Kamera laptop anda akan otomatis menyala, arahkan kertas yg sudah di print tadi
       ke kamera, dan anda pun akan takjub hehe. Hasilnya akan seperti ini:



Selamat berexperiment :D

Postingan terkait:
Apa itu augmented reality
Membuat augmented reality dengan BuildAR (masih dalam pengerjaan)
Membuat augmented reality dengan Unity (masih dalam pengerjaan)

Sunday, August 18, 2013

augmented reality

1:21 PM Posted by el , No comments

AUGMENTED REALITY



Saya lagi rajin menghias blog nih hehe, berhubung liburan juga yg gak karuan bt nya gak kemana-mana. Liburan semester ini kurang lebih 3 bulan, bingung mau jalan-jalan gak dapet ongkos jadi yaaaa bikin ganteng blog aja deh haha :D

Oke deh, postingan malam ini saya ambil tema tentang Augmented Reality. Untuk anda yg bukan anak TI pasti asing mendengar kata ini, iya ga? Namun untuk anda yg anak TI pasti familiar dengan kata itu. Augmented Reality (Realita Tertambah) merupakan salah satu teknologi yg lagi ngetrend di Indonesia saat ini. Di Amerika dan Jepang, AR sudah ngetrend sejak tahun 2000an. Gak heran juga sih, mengingat kedua negara tersebut teknologinya patut mendapatkan two thumbup hehe. Tau kartun Dragonball (Jepang) dan Power Ranger (Amerika) kan? Nah itu merupakan kartun yg mengimplementasikan AR dalam salah satu episodenya.


Lanjut lagi, menurut Wikipedia augmented reality merupakan teknologi penggabungan benda maya (2 dimensi atau 3 dimensi) dengan benda-benda yg ada di dunia nyata (3 dimensi) yg kemudian memproyeksikan benda maya tersebut kedalam waktu nyata. Atau dengan kata lain , yakni benda maya yg terintegrasi dengan dunia nyata, sehingga sebab itulah dinamakan realitas tertambah. Penjelasan dengan gambarnya lihat gambar dibawah, saya cantumkan printscreen hasil percobaan saya:



Dan gambar dibawah ini, contoh AR yg dewa nya:


Selanjutnya, saya akan menjelaskan beberapa software yg dapat digunakan dalam membuat AR. Ada banyak sekali software yg bisa kita gunakan untuk membuat AR, baik yg berbayar maupun yg gratis dapat kita nikmati. Namun saya hanya menjelaskan 3 software saja, karena ketiga software tersebut sudah pernah saya uji coba hehe. Berikut listnya:
(1) ARToolKit, list yg pertama saya taruh ARToolKit. Karena software ini yg pertama
      saya gunakan dalam membuat AR hehe. Software ini gratis loh~ diciptakan oleh
      Hirokazu Kato yg berasal dari Jepang. Sungguh mulia beliau, menciptakan suatu
      teknologi terbaru abad ini yg bisa dinikmati oleh seluruh manusia sejagad raya,
      dan yg lebih kerennya lagi, its FREE menn!!
(2) BuildAR, lalu yg kedua BuildAR. Untuk software jenis ini ada banyak macam tipe
      nya. Bisa kunjungi website resmi BuildAR for more info. Menurut saya, masih
      userfriendly penggunaannya
(3) Unity, software ini berbayar namun ada trialnya hanya 30hari. Dari semua ketiga
      software AR, ini yg paling susah. Enggak susah juga sih, cuma agak ribet aja
      pemakaiannnya. Nanti akan saya postingkan tutorialnya.

Untuk tutorialnya bisa baca postingan saya berikutnya. Sekian dan terima kasih :D

Postingan terkait:
- Membuat augmented reality dengan ARToolKit
- Membuat augmented reality dengan BuildAR (masih dalam pengerjaan)
- Membuat augmented reality dengan Unity (masih dalam pengerjaan)

gorilla glass untuk notebook layar sentuh

1:04 PM Posted by el No comments

Gorilla Glass Untuk Notebook Layar Sentuh




Lagi buka twitter, di timeline ada salah satu tweet detik.com yg memuat tentang teknologi Gorilla Glass. Sekedar iseng aja nih, saya mau berbagi berita tentang itu, tapi berdasarkan kesimpulan saya hehe. Check this out!

Gorilla Glass NBT, merupakan nama display dari Gorilla Glass untuk notebook layar sentuh. As we know, Gorilla Glass merupakan anti gores canggih yg sedang booming. Gorilla Glass NBT ini diperuntukkan untuk notebook layar sentuh, karena notebook layar sentuh sedang menjadi trend, Corning pun (red perusahaan yg mengeluarkan gorilla glass) merilis produk anti gores yg memang khusus dirancang untuk notebook berlayar sentuh. Sebab Corning memprediksi bahwa notebook layar sentuh akan terus berkembang.

"Dengan semakin populernya perangkat layar sentuh, semakin banyak yg menggunakan dan resiko layar pecahpun mengintai. Kami sangat yakin NBT bisa menghadirkan ketangguhan dan 10x lebih tahan gore", ujar James R. Steiner, Senio Vice President dan General Manager, Corning Specialty Materials.

Notebook layar sentuh pertama yg memakai Gorilla Glass NBT ini yakni Dell. Corning optimis kedepannya displaynya ini akan digunakan oleh notebook layar sentuh merk lainnya. NBT ini perluasan dari produk display Gorilla Glass yg kini dipakai oleh berbagai smartphone dan tablet, dan Corning akan terus berencana memperluas produknya.

Kaca Gorilla Glass NBT didesign setipis mungkin dengan kekuatan anti gores yg semakin canggih, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk masa depan, gadget yg menggunakan Gorilla Glass seperti air bening, tipis dan transparan seolah-olah tidak ada pelindung layar gadget tersebut.


Saturday, August 17, 2013

logout pada php

8:48 PM Posted by el , No comments
 
FORM LOGOUT PADA PHP
 
Dipostingan Login Dalam PHP saya sudah berbagi cara bagaimana membuat form login dengan php,  nah postingan kali ini saya akan memberitahu anda bagaimana cara membuat form logout pada php.

Bisa dibayangkan form logout ini seperti  andaikata kita membuka pintu dengan kunci (login) maka kita juga harus menutup pintu itu lagi  tentunya dengan kunci agar rumah tersebut aman. Yuk langsung aja~ ke kodingan.

Pertama bikin file dengan nama logout.php


Jika sudah, kita buat script untuk mengelink ke file logout.php diatas. Scriptnya mudah seperti ini:  <a href=logout.php>Logout</a> Untuk contoh gambarnya saya sisipkan script diatas di file show.php. Menjadi seperti ini:
 
Jika sudah, jalankan index.php, kita login dahulu kemudian kita akan dibawa ke show.php. Sekarang di show.php tersebut terdapat link Logout. Kita klik link tersebut, maka kita akan otomatis keluar dari form tersebut.

Mudah bukan? Selamat mencoba~

array pada bahasa c

8:35 PM Posted by el , 1 comment

PROGRAM ARRAY SEDERHANA DENGAN BAHASA C

Dan postingan ini Part 3 dari lanjutan Struktur Dasar Algoritma yg menyinggung tentang Larik/array. Pertama saya jelaskan sedikit apa itu Larik. Larik atau biasa dipanggil array dapat dikatakan sebagai baris atau deret. Contoh realnya sederet/sebaris kamar yg ada didalam hotel. Sedangkan arti array dalam bahasa pemrograman yakni sebuah variabel sejenis yg berderet yg memiliki alamat yg berdampingan atau bersebelahan. Array juga dapat dikatakan sebagai tipe terstruktur yg terdiri dari sejumlah komponen yg mempunyai tipe data yg sama. Variabel array ada 3 yaitu:
  • Array satu dimensi
  • Array dua dimensi
  • Array multidimensi
Disini saya hanya menjelaskan array satu dimensi dan dua dimensi saja dengan masing-masing contoh programnya. Untuk array multidimensi, sebenarnya hampir sama dengan array dua dimensi. Karena multidimensi dengan dua dimensi perbedaannya hanya pada nilai indexnya saja, index pada multidimensi bersifat dinamis tergantung keinginan user. Biar makin jelas, scroll aja kebawah terus kebawah, nanti akan saya kasih contoh program array multidimensi.


Array Satu Dimensi
Bentuk umum array berdimensi satu: Tipe_Data Nama_Variabel [ukuran]
Contoh variabel array:
int i;
int nilaiSiswa[10]={87,95,80,79,85,80,100,80,82,86};

Karna satu dimensi, disini saya langsung memberi ukuran 10 dengan nilai yg sudah ditentukan. Maksud array diatas, variabel akan menampung 10 nilai yg sudah ditentukan besarannya. Besaran diatas merupakan nilai dari siswa. Oh iya, array dimulai dari angka 0 loh yah, ingat!! Sehingga ukuran 10 dihitung dari 0, 1, 2, ..., sampai dengan 9.
Biar jelas, langsung lihat ke codingan:
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
main(){
 //deklarasi variabel nilaiSiswa dgn tipe data integer
 int nilaiSiswa[10]={87,95,80,79,85,80,100,80,82,86};
 
 //menampilkan nilaiSiswa
 for(int i=0;i<10;i++){
  printf("\nNilai siswa ke-%d= %d",i,nilaiSiswa[i]);
 }
}

Ini programnya ketika sudah di compile:


Dengan kita mendeklarasikan variabel nilaiSiswa[10] maka akan disiapkan array berdimensi satu dengan tipe data sama yakni integer dimana ke-10 elemen tersebut diberi nomor index dari 0 sampai dengan 9. Ilustrasinya begini:




Contoh Kasus!
Agar makin paham, saya bikin kasus dengan inputan nilai dari user, kesemua nilai dijumlahkan dan di rata-ratakan. Berikut codingannya:
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
main(){
 int n,jum=0, nilaiSiswa[10];
 double rata;
 
 printf("\n\tCONTOH PROGRAM ARRAY SATU DIMENSI\n\n");
 printf("Input nilai berapa banyak? "); scanf("%d",&n);
 printf("\n");
 ////////////////////////////////////////////////////////////////////
 for(int i=0;i<n;i++){
  printf("Nilai ke-%d : ",i); scanf("%d",&nilaiSiswa[i]);
 }
 ////////////////////////////////////////////////////////////////////
 printf("\nHASIL NILAI YG DIINPUTKAN USER");
 for(int i=0;i<n;i++){
  printf("\nNilai ke-%d = %d", i,nilaiSiswa[i]);
 }
 ////////////////////////////////////////////////////////////////////
 for(int i=0;i<n;i++){
  jum=jum+nilaiSiswa[i];
  rata=jum/n;
 }
 printf("\nHasil penjumlahan kesemua nilai = %d",jum);
 printf("\nRata-rata nya = %f", rata);
}


Hasil programnya setelah di eksekusi:


Array Dua Dimensi & Array Multidimensi
Bentuk array 2 dimensi: Tipe_Data Nama_Variabel[ukuran_1][ukuran_2]
Saya analogi dengan hotel seperti ini:
Sebuah hotel sederhana yg mempunyai 3 lantai yg terdiri dari 12 kamar, dengan masing-masing lantai terdapat 4 buah kamar. 3 lantai itu sama dengan baris, sedang 4 buah kamar tiap lantai sama dengan kolom. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa array dua dimensi merupakan gabungan dari array satu dimensi. Ilustrasinya seperti gambar dibawah ini:

     Array satu dimensi                                                         Array dua dimensi

 
                              Array 2 dimensi yg sudah diinputkan nilainya


Paham kan? Nah sekarang kita membuat program array dua dimensi dan array multidimensi
#include <stdio.h>
#include <conio.h>

main(){
 int b,k,A[20][20],B[20][20],jum[20][20],kur[20][20];
 
 printf("\n\tCONTOH PROGRAM ARRAY MULTIDIMENSI\n\n");
 printf("Masukkan jumlah baris dan kolom\n");
 printf("Baris? "); scanf("%d",&b);
 printf("Kolom? "); scanf("%d",&k);
 printf("\n");
 ////////////////////////////////////////////////////////////////////////////
 for(int i=0;i<b;i++){
  for(int j=0;j<k;j++){
   printf("A[%d][%d]= ",i,j); scanf("%d",&A[i][j]);
  }
 }
 printf("\n");
 for(int i=0;i<b;i++){
  for(int j=0;j<k;j++){
   printf("B[%d][%d]= ",i,j); scanf("%d",&B[i][j]);
  }
 }
 ////////////////////////////////////////////////////////////////////////////
 //penjumlahan matriks
 for(int i=0;i<b;i++){
  for(int j=0;j<k;j++){
            jum[i][j]=A[i][j]+B[i][j];
  }
 }
 //pengurangan matriks
 for(int i=0;i<b;i++){
  for(int j=0;j<k;j++){
            kur[i][j]=A[i][j]-B[i][j];
  }
 }
 ////////////////////////////////////////////////////////////////////////////
 printf("\nPenjumlahan matriks A & B\n");
 for(int i=0;i<b;i++){
  for(int j=0;j<k;j++){
            printf(" %d ",jum[i][j]);
  }
  printf("\n");
 }
 printf("\nPengurangan matriks A & B\n");
 for(int i=0;i<b;i++){
  for(int j=0;j<k;j++){
            printf(" %d ",kur[i][j]);
  }
  printf("\n");
 }
 getch();
}

Dan ini screenshot programnya:


Sekian, selamat mencoba :D



Monday, August 12, 2013

program selection sederhana

8:45 AM Posted by el , No comments


Contoh Program Pemilihan Sederhana


Melanjuti sambungan Struktur Dasar Algoritma ini merupakan postingan Part 2. Disini saya akan memberikan contoh program sederhana dari pemilihan (selection) dengan 3 struktur yaitu If-Then, If-Then-Else dan Switch-Case. Masih menggunakan bahasa pemrograman paling tua yakni bahasa C dengan compiler Dev C++, mari kita mulai mengoding ria. Ini dia contoh codingannya:

If-Then
#include <stdio.h>

main(){
      int lampu;
      printf("Traffic Light's Color\n");
      printf("1. Merah\n2. Hijau\n3. Kuning\n");
      printf("pilih no berapa? "); scanf("%d", &lampu);
 
//program pemilihan dengan If-Then
if(lampu==1){
      printf("\nBerhenti!");
      }
else if(lampu==2){
      printf("\nJalan!");
      }
else if(lampu==3){
      printf("\nHati-hati!");
      }
else if(lampu>3){
      printf("\nTidak ada dalam optional oy! Pilih yg benar!");
      }

}


If-Then-Else
#include <stdio.h>

main(){
      int lampu;
      printf("Traffic Light's Color\n");
      printf("1. Merah\n2. Hijau\n3. Kuning\n");
      printf("pilih no berapa? "); scanf("%d", &lampu);
//program pemilihan dengan If-Then-Else
if(lampu==1){
      printf("\nBerhenti!");
      }
else if(lampu==2){
      printf("\nJalan!");
      }
else if(lampu==3){
      printf("\nHati-hati!");
      } 
else{
      printf("\nTidak ada dalam optional oy! Pilih yg benar!");
      }

}


Switch-Case
#include <stdio.h>

main(){
      int lampu;
      printf("Traffic Light's Color\n");
      printf("1. Merah\n2. Hijau\n3. Kuning\n");
      printf("pilih no berapa? "); scanf("%d", &lampu);
//program pemilihan dengan Switch-Case
switch(lampu){
      case 1: printf("\nBerhenti!");break;
      case 2: printf("\nJalan!");break;
      case 3: printf("\nHati-hati!");break;
      default: printf("\nTidak ada dalam optional oy! Pilih yg benar!");break;
      }

}


Untuk hasil semua sama, seperti gambar dibawah:

Dan ini saya buatkan program billing warnet dengan syarat dan ketentuan tertentu. Program ini menerapkan konsep pemilihan, so here we go!!
#include <stdio.h>
#include <cstdlib>
#include <conio.h>
main(){
      int pilih, personal, paket, uang, kembalian, jam, total;
 
      menu:
          system("cls");
      printf("\n\tPROGRAM BILLING WARNET b-Net, WARNET TERMURAH DIDUNIA\n");
      printf("[1] Personal\n[2] Paket\n[3] Exit\n");
      printf("Pilih yg mana? "); scanf("%d", &pilih);
 
if(pilih==1){
      personal:
          system("cls");
      printf("\n\tPERSONAL b-Net, WARNET TERMURAH DIDUNIA\n");
      printf("Mau main berapa jam? ");scanf("%d", &jam);
      total=jam*3000;
      printf("\nTotal biaya Anda %d", total);
      printf("\nUang anda= Rp. ");scanf("%d",&uang);
      if(uang<total){goto personal;}
      kembalian=uang-total;
      printf("\nKembalian Anda= Rp. %d", kembalian);getch();
      goto menu;
      }
else if(pilih==2){
      paket:
          system("cls");
      printf("\n\tPAKET b-Net, WARNET TERMURAH DIDUNIA\n");
      printf("1 Paket-1 (2Jam) = Rp.  5000\n2 Paket-2 (3Jam) = Rp.  8000\n");
      printf("3 Paket-3 (5Jam) = Rp. 10000\n4 Paket-4 (7Jam) = Rp. 18000\n5 Kembali\n");
      printf("Mau main paket berapa? ");scanf("%d", &paket);
      switch(paket){
           case 1: printf("Anda memilih paket-1 Rp. 5000");
                   printf("\nUang anda= Rp. ");scanf("%d",&uang);
                   if(uang<5000){goto paket;}
                   kembalian=uang-5000;
                   printf("\nKembalian Anda= Rp. %d", kembalian);break;
           case 2: printf("Anda memilih paket-2 Rp. 8000");
                   printf("\nUang anda= Rp. ");scanf("%d",&uang);
                   if(uang<8000){goto paket;}
                   kembalian=uang-8000;
                   printf("\nKembalian Anda= Rp. %d", kembalian);break;
           case 3: printf("Anda memilih paket-3 Rp. 10000");
                   printf("\nUang anda= Rp. ");scanf("%d",&uang);
                   if(uang<10000){goto paket;}
                   kembalian=uang-10000;
                   printf("\nKembalian Anda= Rp. %d", kembalian);break;
           case 4: printf("Anda memilih paket-4 Rp. 18000");
                   printf("\nUang anda= Rp. ");scanf("%d",&uang);
                   if(uang<18000){goto paket;}
                   kembalian=uang-18000;
                   printf("\nKembalian Anda= Rp. %d", kembalian);break;
           case 5: goto menu;break;
           default: printf("Pilih paket yg benar!");goto paket;
           }
      printf("\nThanks and enjoy ur packet :)");getch();
      goto menu;
}
else if(pilih==3){
      printf("\nTerima kasih sudah bermian di b-Net, warnet termurah didunia :)");
      }
else{
      printf("Gak ada dalam pilihan!");
      system("cls");goto menu;
    }
}
Sekian dan selamat belajar ^^

Saturday, August 10, 2013

program looping sederhana

5:39 PM Posted by el , No comments


Contoh Program Perulangan Sederhana


Huuaaaaa!! kembali lagi bersama saya *opening yg gak jelas* haha. Postingan ini merupakan part 1 dari sambungan Struktur Dasar Algoritma. Disana saya berjanji akan memberikan contoh program perulangan yg sederhana, saya tepati janji itu dipostingan ini. Bahasa pemrograman yg saya gunakan adalah bahasa C. Software untuk ngoding bahasa C ada banyak, namun disini saya menggunakan Dev C++. Search saja di google untuk memiliki software free tersebut.

Langsung aja, disini saya akan memunculkan tulisan Moon Light The Jungle Tour yg diulang sebanyak 30x dengan For, Do-While dan While. This is the sourcecode, here we go!!

For
//library C
#include <stdio.h>

//main
main(){
int i=0;
 
//perulangan dengan For
for(i=0;i<30;i++){
     printf("%d  Moon Light The Jungle Tour\n",i+1);
     }
}


Do-While
//library C
#include <stdio.h>

//main
main(){
int i=0;
 
//perulangan dengan Do-While
do{
   printf("%d  Moon Light The Jungle Tour\n",i+1);
   i++;
   }while(i<30);

}


While
//library C
#include <stdio.h>

//main
main(){
int i=0;
 
//perulangan dengan While
while(i<30){
   printf("%d  Moon Light The Jungle Tour\n",i+1);
   i++;
   }
 
}

Ketiga perulangan tersebut hasilnya semua sama, look the image below:




Selanjutnya, saya buatkan program memunculkan segitiga siku-siku yg terbuat dari bintang. Program tersebut menggunakan konsep perulangan. Hasil capturenya nampak seperti gambar dibawah:



Untuk sourcecode bisa dipelajari:

#include <stdio.h>

main(){
int i, j, tinggi=7;
 
printf("\n\tPERULANGAN SEGITIGA BINTANG\n");
//perulangan untuk bintang yg membentuk segitiga siku2
    for(i=0;i<=tinggi;i++){
        for(j=1;j<=i;j++){
            printf("*");
        }
        printf("\n");
    }
}


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba~